10 Sektor Bisnis Menjanjikan Zaman Now

0
30

BantenIndependen.id- Tidak sedikit para pelaku bisnis yang gulung tikar di tengah jalan karena terlindas roda zaman.

Ada beberapa cara agar terhindar seperti kejadian diatas, tentu saja ada pilihan bisnis yang menjanjikan dan memiliki potensi besar hingga ke masa depan.

Sukses, memang bisa mendatangkan banyak rupiah. Tapi, berbisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab bisnis bukanlah hal yang bisa dicapai dengan cara yang instan. Butuh perjuangan dan tahapan-tahapan tertentu untuk dapat bisa menuai kejayaan dalam bisnis.

Berikut 10 sektor bisnis yang bisa dipilih karena masuk dalam jajaran bisnis yang menjanjikan untuk saat ini:

Bisnis kuliner

Bisnis yang menjanjikan pertama sudah pasti bisnis kuliner. Kenapa bisnis kuliner? Karena mau bagaimanapun semua orang pasti butuh makanan yang dikonsumsi paling tidak tiga kali dalam sehari. Jadi sudah pasti bisnis kuliner akan tetap berjaya dan tidak akan tergerus oleh zaman.

Tapi ketika akan berbisnis kuliner, baik itu kuliner kaki lima, rumah makan, restoran, kafe, kedai kopi, hingga katering, usahakan untuk selalu mempertahankan citarasa sehingga pelangganmu tidak kabur karena citarasa kuliner yang kamu sajikan sudah mulai berubah.

Agar tetap bisa bersaing dengan bisnis kuliner baru, lakukanlah inovasi dengan menghadirkan menu baru setiap bulannya. Dengan begitu, pelanggan tidak akan bosan dan selalu menantikan menu-menu terbaru darimu. Jadi, kuncinya rasa dan inovasi pada bidang yang dibutuhkan konsumen.

Bisnis fashion dan aksesoris

Sektor bisnis yang menjanjikan kedua sudah pasti fashion dan aksesoris.

Selain kuliner, pakaian menjadi salah satu hal yang paling sering dibeli oleh masyarakat. Jadi sudah pasti kalau sektor ini memiliki peluang yang besar hingga di kemudian hari.

Dalam berbisnis fashion dan aksesoris, kamu harus selalu up to date dan mengikuti perkembangan fashion sehingga produkmu selalu dicari dan diminati pelanggan.

Bisnis fashion dan aksesoris ini tak hanya melulu soal fashion yang mengikuti tren gaya lifestyle terkini, tapi bisa juga bisnis pakaian haji dan umrah, bisnis baju seragam sekolah, hingga bisnis baju pengantin dan jilbab.

Bisnis properti

Sepertinya untuk sektor bisnis properti tidak membutuhkan penjelasan yang banyak karena seperti yang kamu ketahui harga properti setiap tahunnya selalu naik, baik itu tanah maupun bangunan sehingga sudah pasti meski zaman terus berkembang, bisnis properti tidak akan pernah redup.

Bisnis properti ini terbilang sangat besar jumlahnya, tapi tentu saja modal yang dibutuhkan juga banyak.

Untuk menyikapinya, kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan sebagai tambahan modal bisnis properti. Jenis bisnis properti yang bisa kamu pilih adalah kontrakan atau kosan, sewa ruko atau toko, hingga jasa jual beli apartemen.

Bisnis barang-barang vintage

Barang vintage atau yang juga dikenal dengan nama barang antik merupakan barang yang usianya sudah lama.

Kenapa barang-barang ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan? Karena nilai barang antik akan selalu bertambah setiap tahunnya sehingga bisnis ini sangat bagus dijadikan sebagai bisnis jangka panjang.

Sebagai contoh motor vespa, sepeda ontel, hingga piringan hitam dan pemutarnya. Harganya setiap tahun pasti akan lebih mahal karena semakin langka ditemukan.

Tips ketika berbisnis barang-barang vintage ini, kamu harus tahu pasaran harga dan membuat segmentasi pasar dari kalangan pecinta barang antik atau kolektor barang antik. Cobalah mengikuti berbagai komunitas barang antik untuk memperluas jaringan bisnismu.

Bisnis kecantikan

Walaupun sektor bisnis kecantikan segmentasi pasarnya adalah kaum perempuan, tapi jangan menganggapnya sebelah mata. Rata-rata perempuan akan menghabiskan penghasilannya mulai dari 20%-30% untuk mempercantik diri sehingga sektor bisnis ini sudah pasti bisa mendatangkan untung dalam jangka waktu yang lama.

Ada banyak pilihan bisnis kecantikan yang bisa kamu jadikan pilihan seperti bisnis salon, klinik kecantikan, toko kosmetik, hingga jasa makeup.

Untuk dapat berbisnis di sektor ini, kamu harus memiliki dasar pengetahuan di bidang kecantikan terlebih dahulu atau mempekerjakan orang yang ahli di bidang kecantikan agar nantinya bisnis ini bisa terus berkembang.

Bisnis tour dan travel

Beberapa tahun belakangan, sektor tour dan travel di Indonesia memang sedang naik daun. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang pergi traveling, baik itu ke dalam negeri maupun luar negeri.

Jika biasanya orang pergi traveling dalam rangka berlibur bersama dengan keluarga, saat ini orang pergi traveling dalam rangka melepas rasa stress akibat aktivitas sehari-hari.

Ke depannya, bisnis tour dan travel terus menjadi bisnis yang menjanjikan karena spot-spot wisata akan semakin terus bermunculan.

Saat membuka bisnis tour dan travel, agar bisa bersaing dengan agen bisnis tour dan travel yang lain, kamu bisa memberikan paket yang berbeda seperti paket wisata khusus untuk solo traveling atau paket wisata untuk women traveling.

Bisnis event organizer

Keberadaan event organizer di era sekarang tidak bisa lagi kita anggap remeh.

Event organizer atau yang disingkat dengan nama EO ini sangat membantu masyarakat yang sibuk dan tidak mau repot untuk mengurus suatu acara sehingga event organizer menjadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Mulailah berbisnis event organizer dari skala yang kecil terlebih dahulu seperti menangani birthday party, bridal shower, lamaran, hingga tujuh bulanan. Lalu berlanjut ke skala yang lebih besar seperti pernikahan hingga konser.

Dalam berbisnis event organizer, kamu tak bisa bekerja sendiri alias harus bekerja secara tim. Jadi buatlah tim yang solid dan mudah diajak bekerjasama. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga yang memiliki keahlian di bidang tertentu misalnya saja ada yang ahli di bidang desain kartu undangan, mendekor ruangan, memasak, hingga MC.

Bisnis pembuatan website dan aplikasi

Seiring dengan teknologi yang semakin canggih, kita akan semakin lekat dengan yang namanya dunia digital. Baik itu dalam mencari informasi hingga kegiatan yang lainnya bisa dilakukan secara online melalui website dan aplikasi.

Jika kamu memiliki keahlian dibidang IT (Informasi Teknologi), maka jangan pendam keahlianmu dan jadikanlah sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Tak jauh berbeda dengan bisnis event organizer, bisnis website dan aplikasi ini juga membutuhkan tim yang solid karena tidak bisa bekerja sendiri.

Bisnis toko online dan e-commerce

Masih berhubungan dengan teknologi, bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah bisnis toko online dan e-commerce.

Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya memiliki tingkat konsumtif sangat tinggi. Coba saja kamu perhatikan, hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia pernah berbelanja online di e-commerce. Baik itu belanja pakaian, perabotan rumah, gadget, hingga barang elektronik.

Bisa dikatakan kalau bisnis toko online dan e-commerce ini merupakan bisnis yang menjanjikan hingga beberapa tahun mendatang berhubung semuanya sudah mulai dilakukan secara online.

Bisnis penyewaan alat fotografi dan video

Berbicara tentang kamera, rasanya barang ini sekarang bukan hanya digunakan oleh orang-orang profesional saja, tetapi juga orang awam. Tren menjadi vlogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya membuat orang awam lebih akrab lagi dengan dunia fotografi dan video.

Dengan memiliki kamera serta perlengkapannya, maka hasil foto dan video yang dihasilkan akan jadi lebih bagus dan jernih. Bisnis penyewaan alat fotografi dan video memang belum banyak ditemukan sehingga peluangnya lebih besar karena minim pesaing.

Kamu bisa menyewakan berbagai macam kamera seperti kamera digital serta kamera DSLR beserta dengan perlengkapannya.

Selain kamera, sewakan juga drone atau jimmy jib. Terapkan sistem uang deposito kepada peminjam agar nantinya ketika terjadi kerusakan pada peralatan kamera, kamu tinggal memotongnya dari uang deposito yang telah disetorkan.

Agar pelanggan lebih banyak, buatlah komunitas dan adakanlah pelatihan atau  pertemuan selama beberapa minggu sekali. (*hallo money)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here