Durian Asal Pandeglang Rasanya Enak, Kementan RI Akan Produksi Benih Secara Masal

0
43

Pandeglang- Direktorat Jenderal Holtikultura pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyebutkan varietas durian asal kabupaten pandeglang sangat beragam dan mempunyai rasa yang Maknyos dan enak. Kami akan kembangkan dan produksi masal

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Holtikultura pada Kementan RI, Suwandi usai meninjau kontes durian pada acara festival holtikultura yang digelar oleh pemkab pandeglang, pada Sabtu (2/2/2019), di alun-alun kabupaten pandeglang. 

“Ada yang unggul ada yang bagus, ada yang ukurannya besar, ada yang kecil tapi semuanya rasanya enak sekali, “sebut Suwandi. 

Pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan kontes durian yang diselenggarakan oleh Pemkab Pandeglang. Menurutnya dengan adanya kegiatan tersebut para petani lokal bisa ikut serta memperkenalkan produknya ke publik. 

“Ini bagus sekali, karena sebagaimana kita tahu, banyak varietas durian di kabupaten pandeglang yang dulu belum muncul, baru hari ini (Sabtu (2/2/2019) dengan adanya kontes durian, varietas durian lokal semua bermunculan. Setidaknya ada 40 kontestan dari beberapa kecamatan yang muncul,”katanya.

Masih kata suwandi, kedepanya varietas durian unggul hasil seleksi para juri ini akan di produksi secara masal dan diedarkan ke sejumlah wilayah, sehingga para petani di kabupaten pandeglang bisa lebih sejahtera. 

Maka dari itu, pihaknya berharap bahwa kegiatan-kegiatan seperti itu bisa terus ditingkatkan sehingga bisa meningkatkan jenis pertanaman dan hasil produksi yang melimpah. 

“Lokasi di pandeglang ini sangat strategis pasar besar ada di jakarta, jaraknya dekat ini potensi besar yang harus terus dikembangkan” Imbuhnya. 

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, kegiatan ini adalah untuk untuk mengangkat eksistensi komoditas Horikukutra yang ada di Pandeglang, sehingga menjadi komoditi yang diakui nasional.

“Varietas durian kami banyak, kurang lebih ada 41 yang saat ini ikut kontes. Selain itu manggis kami juga sudah kualitas impor, dan masih banyak lagi varietas Hortikultura lainnya yang dapat kami kembangkan, “kata Irna. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here